Menjadi pemimpin mudah, menjalankannya yang susah



Menjadi seorang  pemimpin, adalah amanah yang telah diberikan kepada manusia. Memimpin di atas bumi ini. Itulah yang dikatakan di dalam berbagai referensi mengenai kepemimpinan. Ya, seperti itulah tentang kepemimpinan.
Pernah membaca hadits tentang kepimpinan. “Setiap kamu adalah pemimpin, dan tiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawabannya”. Nah, hadits aja mengatakan seperti itu. Dan pernah juga mendengar bahwa menjadi seorang pemimpin, adalah sebelah kakinya sudah menginjak yang namanya neraka.
Menjadi seorang pemimpin, bukanlah pekerjaan yang sangat mudah. Sangat banyak ancaman bagi para pemimpin, tentunya pemimpin yang tidak amanah. Untuk menadi orang yang amanah pun tidak semudah yang kita kira. Apakah kita bisa menjadi pemimpin
Sebenarnya bisa, karena setiap manusia adalah pemimpin yang diciptakan Allah untuk bumi. Kalau bukan kita siapa lagi? Namun, untuk menjadi pemimpin haruslah amanah. Inilah yang terberat. Dan inilah yang sangat berat.
Kenapa sih menjadi pemimpin itu berat? Karena menjadi pemimpin adalah harus menjadi orang yang amanah. Ketika seorang pemimpin tidak amanah, maka dia pun harus mempertanggungjawabkan apa yang telah dikerjakan.
Menjadi pemimpin mudah, menjalankannya yang susah

0 comments:

Post a Comment