apa itu cinta? meskikah dengan cinta?

Apa makna cinta yang sesungguhnya? Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Itulah cinta menurut versi wikipedia. Sedang menurut islam, cinta adalah kasih sayang.

Sekarang, banyak orang yang menyalahartikan apa makna cinta yang sesungguhnya. Sungguh ironis, cinta dijadikan alasan untuk melakukan hal-hal yang sangat dilarang. Sangat miris melihat pemuda sekarang, yang cetar membahana badai dalam mengeksplorasikan makna cinta itu.

Padahal cinta adalah rasa kasih sayang yang diberikan oleh Allah kepada kita. Bukan untuk dipermainkan. Karena cinta bukanlah sembarangan. Seperti kata ustadz Anis Matta dalam buku serial cinta "Cinta tidak dapat dilihat, tapi dapat dirasakan". Sama halnya dengan angin yang bertiup.

Sungguh cinta sangat indah. Terlalu indah bila harus diperburuk dengan pengaplikasian yang sangat tidak baik. Kata salim a fillah dalam bukunya Dalam Dekapan Ukhuwah " kita ambil cinta dari langit dan kita tebar ke seluruh penjuru bumi".

Apa sih maksudnya?

Maksudnya, cinta itu memang bukan main-main. Karena asalnya pun dari langit. Ia pun harus kita tebarkan ke seluruh penjuru bumi.

inilah cinta, banyak yang tidak paham akan apa itu cinta. Membahana mengartikannya dengan kesalahan-kesalahan. tidak menempatkan segalanya pada waktunya. itulah cinta para pengumbar aurat, para pemburu nafsu.

cinta kita, harus selalu terarah dalam kekhusyukan bersama berpeluk akan persaudaraan. meski jiwa dan raga tak saling menyatu. ruhiyah dan amalan lah penyatunya. meski jiwa dan raga tak saling tatap wajah. ruhiyah dan amalan lah yang menyatukannya

itulah hakikat cinta yang sudah membuyar di pandangan publik. terkadang, orang mengartikan cinta itu sebagai nafsu. ya tentu saja diartikan seperti itu. sebab, peangplikasiannya sudah cetar membahana melewati samudera. maksudnya sudah terlanjur dari dahulu.

inilah hakikat cinta, yang maknanya harus kita jaga. bila sudah rusak, fungsi kitalah mengembalikan apa makna cinta yang sesungguhnya. kembalikan, bahwa cinta itu indah. semua yang dikasihi ALLAH, agar mendapatkan cinta bila terus di jalan-Nya. mari kita pegang cinta itu.

bukan cinta palsu yang maniak nafsu, tapi cinta asli kepada yang hakiki.

0 comments:

Post a Comment